RSS Feed

ὄργανον = Organ ―▶ Organisasi

Posted on

Greek: ὄργανον
Dibaca: Organon
Artinya: Organ

Ya, organisasi berasal dari bahasa Yunani yang berarti organ, organ tubuh, atau sistemik organ. Dengan demikian, dari artinya sendiri bisa disimpulkan bahwa organisasi merupakan bagian dari diri kita. Organisasi dibuat berdasarkan visi dan misi atau tujuan yang sama dengan kerja sama antar anggotanya. Sudah sewajarnya kita sebagai anggota sebuah organisasi menganggap bahwa organisasi tersebut merupakan bagian dari diri kita, baik secara sosial maupun ekonomi.

Menurut salah satu ahli, Stephen P. Robbins, yang merupakan penulis buku-buku tentang organisasi, organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

Contohnya, di lingkungan sekolah, pastinya terdapat beberapa organisasi seperti OSIS, ekstrakurikuler basket, bola, bahasa asing, dan sebagainya. Organisasi-organisasi tersebut pasti mempunyai tujuan yang disepakati bersama dan berusaha mewujudkannya dengan memanfaatkan segala sarana dan prasarana, dan sumber daya seperti uang, material, metode, lingkungan, dan lain-lain. Tergabung dalam sebuah organisasi di sekolah merupakan langkah yang baik sebelum benar-benar terjun ke dalam organisasi yang lebih besar dan memikul tanggung jawab yang lebih berat.

Sebelum mengenal organisasi lebih jauh, kita perlu mengetahui apa saja ciri-ciri dari organisasi, yaitu:
1) Terdiri daripada dua orang atau lebih;
2) Adanya kerjasama;
3) Adanya komunikasi antar satu anggota dengan yang lain;
4) Dan adanya tujuan yang ingin dicapai.

Selain ciri-ciri, organisasi juga mempunyai 4 unsur utama yang dapat menjaga kelangsungan organisasi tersebut, antara lain:
1) Goals oriented (tujuan yang berorientasi)
2) Psychosocial system (sistem hubungan sosial)
3) Structured activities  (aktifitas yang terstruktur)
4) Technological system (sistem yang berteknologi)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa organisasi mempunyai tujuan atas kesepakatan bersama yang akan dicapai. Ini berhubungan erat dengan manajemen yang merupakan proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut maka perlu dibentuk suatu organisasi yang pada pokoknya secara fungsional dapat diartikan sebagai sekelompok manusia yang dipersatukan dalam suatu kerjasama yang efisien untuk mencapai tujuan. Sehingga dapat dikatakan bahwa fungsi organisasi adalah sebagai alat dari manajemen untuk mencapai tujuan. Jadi, dalam manajemen harus ada organisasi, demikian eratnya dan kekalnya (consistency) hubungan antara manajemen dan organisasi.

Selain manajemen, organisasi juga punya hubungan erat dengan tata kerja. Dengan tata kerja yang tepat dapat membuat proses kegiatan pencapaian tujuan dilakukan secara ilmiah dan praktis, disamping itu pemakaian tata kerja yang tepat pada pokoknya ditujukan untuk :
a) Menghindari terjadinya pemborosan di dalam penyalahgunaan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
b) Menghindari kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran dalam proses pencapaian tujuan.
c) Menjamin adanya pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa dengan tata kerja yang tepat, organisasi dapat berjalan dengan teratur dan memaksimalkan kinerjanya dalam mencapai tujuan.

Dari konsep tersebut, jelaslah bahwa baik organisasi, manajemen, maupun tata kerja diarahkan kepada tercapainya tujuan. Mulai dari organisasi dengan tujuannya yang jelas, manajemen dengan proses pencapaiannya, dan tata kerja dengan cara-cara untuk mencapainya.

Sources: Organisasi , Hubungan Organisasi Manajemen & Tata Kerja

About サクラ

People call me Eri, so feel free to call me Eri ^^ よろしく!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: