RSS Feed

Obon Matsuri (Festival Arwah)

Enough posting story, mari kita simak sedikit tentang salah satu festival Jepang yang terkenal, yaitu Obon Matsuri😀

Obon Matsuri (Festival Arwah) adalah sebuah perayaan Budha yang diadakan pada tanggal 13-15 Juli atau bulan Agustus (tergantung daerah). Festival ini dipersembahkan bagi arwah para leluhur.

Dipercaya bahwa pada hari-hari ini arwah mereka akan pulang ke rumah. Untuk memudahkan para arwah pulang ke rumah, mereka akan memasang penerangan dan api selamat datang di pintu depan rumah. Tujuannya adalah mengarahkan arwah-arwah tersebut agar tidak tersesat. Kemudian merekapun memasang lentera di dalam, membersihkan altar rumah, menyediakan sajian dan berdoa bagi ketenangan arwah para leluhur.

Biasanya, saat Obon Matsuri (festival arwah), warga Jepang berkumpul malam hari di lapangan, memakai yukata (kimono sederhana di musim panas) kemudian membuat putaran untuk menari-nari diiringi musik & tambur Jepang. Tujuannya adalah menyambut kebahagiaan bersama para arwah yang datang. Mereka percaya arwah akan ikut menari bersama tanda suka cita. Tarian menyambut arwah oini disebut Obon Odori.

Pada akhir Festival, sekali lagi orang-orang akan memasang penerangan di pintu terdepan rumah sebagai pengantar arwah leluhur keluar dari rumah dan mengapungkan sesajen di sungai atau laut untuk menemani mereka pulang ke alam sana.

About サクラ

People call me Eri, so feel free to call me Eri ^^ よろしく!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: