RSS Feed

My first HG ever! “Banshee” (Destroy Mode)

Beberapa minggu lalu saya membeli sesuatu yang berhubungan dengan Jepang, yaitu HGUC RX-0 Unicorn Gundam 02 Banshee (Destroy Mode). Sudah lama saya menginginkan Banshee (Destroy Mode), tapi setiap saya ke toko langganan barangnya belum ada, yang ada hanya Banshee (Unicorn Mode). Setelah beberapa kali mencoba melihat apakah barang yang saya inginkan sudah ready stok, akhirnya Banshee (Destroy Mode) ada di deretan barang diskon bersama Banshee (Unicorn Mode). Sebelum saya membahas lebih jauh, akan saya jelaskan sedikit tentang HGUC.

HG merupakan singkatan dari High Grade, dan HG yang saya maksud di sini adalah High Grade Unicorn. HGUC merupakan suatu kualitas dari sebuah Gunpla (dibaca: Gampura/Gampla) atau Gundam Plastic model, yaitu model rakitan plastik berbentuk Gundam. Selain HG yang berskala 1/144, ada juga Master Grade (MG) yang berskala 1/100, dan Perfect Grade (PG) yang berskala 1/60. Semakin kecil skala perbandingan, semakin besar model rakitan plastik tersebut dengan bagian-bagian perakitan yang lebih detail. Selain besar bentuknya dan tingkat keseriusan dalam beberapa bagian perakitannya, perbedaannya juga terdapat pada harganya, yang pastinya semakin tinggi grade nya semakin mahal.

Gundam model rakitan plastik diproduksi oleh Bandai di Jepang (atau Cina) yang sudah mempunyai lisesnsi untuk produk perakitan di seluruh dunia. Gundam model rakitan plastik terdiri dari beberapa bagian yang terpisah-pisah atau memerlukan lem (seperti model lama sebelum tahun 1990) untuk dirakit.

Saya rasa sudah cukup sekilas penjelasan tentang HG ini, saya akan melanjutkan cerita saya tentang Banshee yang saya beli.

HGUC Banshee (Destroy Mode) Box

HGUC Banshee Parts

Besar boxnya sekitar 30x20cm, dan isinya adalah bagian-bagian gunpla yang masih belum berbentuk seperti gambar pada boxnya. Tapi, di sinilah letak kesenangannya, merakit gunpla sendiri. Sebagai pemula, saya menghabiskan waktu 2 hari untuk menyelesaikan ini, dan hasilnya cukup memuaskan (walaupun ada satu bagian yang saya kacaukan dengan mematahkannya).

Final page

Progress 62 %

Saat merakit Banshee, saya selalu mengkhayal bahwa saya adalah seorang teknisi yang sedang membuat gundam sendiri. Bagian favorit saya adalah saat membuat senjatanya dan saat-saat terakhir menggabungkan semua bagian menjadi utuh. Dan bagian yang paling sulit menurut saya adalah bagian kepala karena kepalanya kecil sekali! Saya kesulitan dalam memotong, merapikan sisa-sisa resin, dan memasangnya dengan hati-hati agar tidak berakhir seperti salah satu senjatanya, yaitu tonfa yang ada di bagian punggung, yang saya patahkan karena terlalu bersemangat.

Saya rasa cukup dengan perjalanan merakit saya, inilah hasilnya. Tingginya sekitar 15cm.

Berpose sedikit walaupun saya tidak bisa membuat pose yang bagus…

Pose 1

Pose 2

Tidak mau kalah dengan Banshee, saya pun ingin berfoto bersama beberapa koleksi saya yang lain.
The End

Source: Gundam Wikia

About サクラ

People call me Eri, so feel free to call me Eri ^^ よろしく!

2 responses »

  1. itu beli gunpla-nya dimana?

    Reply

Leave a Reply

